Kejari Jombang : Bongkar Korupsi 57 Perpusdes Temukan Kerugian Negara Rp 300 Juta

oleh
Kejari Jombang : Bongkar Korupsi 57 Perpusdes Temukan Kerugian Negara Rp 300 Juta

Jombang, kilasrepublik.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Jombang sedang membongkar indikasi korupsi proyek pengadaan rak dan buku untuk 57 perpusatakaan desa (Perpusdes). Sejauh ini penyidik sudah menemukan kerugian negara Rp 300 juta akibat korupsi pada proyek tersebut.

Kasipidsus Kejari Jombang Salahuddin mengatakan, proyek pengadaan rak buku dan buku untuk perpusdes tersebut berjalan tahun 2019. Saat itu terdapat 57 desa di Kabupaten Jombang yang menggunakan dana desa (DD) mereka untuk belanja buku dan rak.

Besaran anggaran yang dialokasikan masing-masing desa bervariasi tergantung jumlah buku yang mereka beli. Yakni mulai Rp 15 juta sampai Rp 25 juta per desa. Jumlah anggaran dari 57 desa mencapai Rp 1,1 miliar.

Ironisnya, sebagian besar desa yang membeli buku dan rak belum mempunyai tempat untuk perpusdes. “Kami sudah survei ke lapangan, banyak desa sebenarnya belum siap. Fakta di lapangan banyak buku belum dibuka karena belum ada tempat untuk perpusdes,” kata Salahuddin saat dikonfirmasi , Selasa (19/1).